Ratusan pendaki ke puncak Merapi

seratus orang pendaki ke puncak gunung merapi dengan pintu pendakian dukuh plalangan, desa lencoh, kecamatan selo, kabupaten boyolali, jawa tengah, di liburan lama saat ini.

jumlah pendaki ke merapi hingga sekira 120 pihak yang mendaftarkan identitas pada base camp plalangan, papar anggota tim pencari serta penyelamat (search and rescue/sar) barameru pada desa lencoh, samsuri, minggu.

menurut dia, kasus pendaki itu tak tergolong yang tidak mendaftarkan identitasnya, sebab mereka banyak dan langsung mengerjakan pendakian ke puncak.

para pendaki datang dari seluruh daerah, antara lain jakarta, yogyakarta, magelang, solo, dan semarang. mereka mulai mengerjakan pendakian ke puncak mulai sabtu (30/3) sekira pukul 19.00 wib sampai jam 00.00 wib.

para pendaki biasanya mulai menurun sekitar pukul 10.00 wib hingga siang nanti, katanya.

selain tersebut, pendaki dibandingkan wisatawan asing juga banyak pada liburan panjang saat ini, yakni sekira 20 orang. mereka melakukan pendakian didamping pemandu daripada warga setempat.

Yang Lainnya: Jual Jam Tangan Murah - Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Murah

para wisatawan, diantaranya berasal dibandingkan prancis, belanda, juga amerika serikat. mereka ke puncak biasanya melihat indahnya pemandangan pegunungan juga kearifan lokal warga dalam lereng merapi, ujarnya.

bahkan, banyak wisatawan asing dan melakukan pendakian ke puncak merapi lebih dari Satu kali, karena terkait menelitian gunung teraktif dalam dunia tersebut, maupun hanya melihat nuansa pemandangan.

menyinggung soal biaya seorang pemandu dan mengantar wisatawan asing ke puncak, dia menjelaskan, bervariasi tergantung dengan biro perjalanan ataupun tidak. jika dengan jasa biro perjalanan senilai rp150.000 alternatif antar, sedangkan dengan segera sekira rp300.000.

ia mengajarkan, angka pendaki selama liburan tiga hari ini meningkat dibanding malam minggu sebelumnya cuma kurang lebih 50 pihak.

kendati itulah, pihaknya mengimbau pada pendaki yang melakukan pendakian ke puncak merapi agar mendaftarkan identitasnya di base camp plalangan, makanya ingin memudahkan tim sar bilamana mereka mesti pertolongan ketika pendakian.

kondisi cuaca di lereng merapi lumayan cerah. hujan kini telah turun, makanya iklim dalam puncak sering cerah, ujarnya.

menurut handoko (28), salah seorang pendaki asal solo, dirinya bersama lima orang temannya menggarap pendakian ke merapi karena bertepatan musim liburan.

saya mengerjakan pendakian hanya mau berhadapan sesama teman penggemar alam, sambil bereuni untuk menikmati nuansa alam pegunungan, katanya.