SDN 05 Cilaku, Bogor, yang merana

gedung sekolah dasar negeri (sdn) 05 cilaku selama kecamatan tenjo, kabupaten bogor, jawa barat, dan dibangun tahun 1985 sekarang merana, kusam juga usang termakan usia.

atap kedua gedung sekolah yang terdiri atas enam ruang kelas dan Salah satu ruang guru tersebut bocor dalam beberapa bagian, kosen-kosennya keropos, jendelanya bolong serta lantainya berlumpur ketika hujan

kursi serta meja kayu belajar model lama selama ruang-ruang kelas kepada kurang lebih 210 siswa sekolah itu tidak dulu mulus, sebagian berlupang juga keropos dimakan rayap.

sdn 05 cilaku ini berdiri tahun 1985, dari berdiri bangunan dan kedua ini belum pernah direnovasi, jika bangunan dan pertama sudah sudah tapi sudah amat berlarut, kata kepala sekolah sdn 05 cilaku, ruiyat.

Informasi Lainnya:

ruiyat mengatakan, sehari-hari siswa belajar dalam ruangan dan kondisinya tak bisa disebut layak tersebut.

ya bila hujan airnya ngucur ke kelas, katanya mengenai atap Salah satu kelas yang berlubang.

sisa rembesan air hujan pada selasa baru terlihat di lantai ruang kelas, persis selama bawah atap yang bocor.

agar tidak terjadi genangan tak memenuhi ruangan, pengurus sekolah memesan celah kecil semisal lobang tikus selama dinding kelas sebagai jalur keluar air.

selain itu pintu dan jendela ruang kelas empat, lima serta enam serta telah ada keropos karena rayap. beberapa jendelanya tidak berkaca lagi. beberapa bilah bambu dipasang agar menutup jendela yang terbuka.

biar tak ada yang masuk ke kelas pada tutup seadanya, kata ruiyat.

pintu melalui dua daun dan terbuat dari bahan triplek selama ruang kelas empat juga lima berlubang dalam pilihan bagian. pintu kedua ruang tersebut hanya mampu dikunci daripada dalam makanya hanya bisa dibuka dari ruang kelas enam dengan mengangkatnya, karena engsel pintu telah tidak berfungsi.

lubang di pintu ruang kelas tiga lebih besar, oleh karenanya pintu cuma dapat dikunci dengan mengikatnya membeli tali.

kandang bebek dan sebulan 2012 dibangun masyarakat tidak jauh sekolah memesan anak-anak harus belajar dengan bau tak sedap kotoran bebek dan terbawa angin.

disebelah itu kadang bebek peking, ada warga dan beternak bebek sudah Satu bulan ini, katanya dulmaji, penjaga sekolah yang sudah berusaha dari 2005.

menurut ruiyat, sekolah telah berupaya memperbaiki kerusakan bangunan sekolah membeli dana uang operasional sekolah (bos) tapi dana yang lengkap tidak lumayan supaya memperbaiki semua kerusakan.

perbaikan cuma dilaksanakan sebisanya, antara lain dengan menambal atap dan bocor.

untuk meningkatkan ini perlu dana yang sulit. dana bos tak cukup memperbaikinya, katanya.

sekolah, lanjut ruiyat, serta telah mencatat kondisi sekolah ke pemerintah kabupaten bogor melalui dinas pendidikan setempat.

informasinya perbaikan sekolah akan diselenggarakan pada tahun ini dengan dana dak, katanya.

menurut sekretaris kepala dinas studi kabupaten bogor, gada sembada, bangunan sdn 05 cilaku ingin segera diperbaiki menggunakan dana alokasi khusus (dak) pemerintah.

sdn 05 cilaku terdaftar di penerima dana dak dan hendak direhabilitasi tahun ini, ujarnya.