55,2 juta UKM butuh dukungan IT

55,2 juta unit usaha kecil juga menengah dalam sejumlah wilayah indonesia memerlukan dukungan kooperasi dan teknologi, sementara persentasi koperasi pada indonesia 192 ribuan, tutur menteri koperasi juga ukm syarief hasan.

itu artinya baru diperlukan penambahan kasus koperasi khusus agar wilayah pedesaan. tapi sudah tentu harus dilengkapi melalui teknologi bersistem info, kata syarief ketika berkunjung ke kampar, riau, untuk meresmikan kabupaten itu sebagai kabupaten koperasi nasional, selasa.

menkop memperkirakan kurang lebih 50 persen daripada 192 ribu koperasi berada di pedesaan, tergolong desa-desa tertinggal.

dia menyebutkan para pelaku ukm di sederat desa tertinggal tak tambah besar, malahan terancam gulung tikar.

Informasi Lainnya:

untuk tersebut, kementerian koperasi dan ukm membentuk web dan mensinerhikan ukm dan koperasi dengan dukungan teknologi.

syarief menungkapkan telah saatnya koperasi dan ukm memanfaatkan teknologi, terlebih teknologi Informasi juga komunikasi (tik) yang dapat mendongkrak produktivitas serta kinerja.

teknologi menurut syarief bisa memperbaiki daya saing koleksi, jasa dan kinerja koperasi juga ukm indonesia, juga meminimalkan uang operasional.

kami mengharapkan koperasi beralih dari sistem pembukuan manual ke sistem akuntansi digital serta terintegrasi, ujarnya.

menurut dia, kasus ukm dalam indonesia semua tahun terus meningkat dengan rata-rata tumbuh 7 - 8 persen. saat ini tercatat 55,2 juta unit ukm dalam indonesia dan diprediksi menjadi 58 juta unit pada 2014, sedangkan koperasi, banyak sekitar 192.000 unit.