Thailand sumbang lima juta bath untuk China

thailand, kamis, menyumbangkan dana sebesar lima juta bath (sekitar 173.000 dolar as) untuk membantu korban serta orang-orang terlantar akibat gempa sabtu 2012 pada provinsi sichuan, china.

setidaknya 200 orang tewas dan lebih dari 12.000 lainnya terluka selama gempa kuat yang menghancurkan lebih dari 10.000 rumah tersebut.

wakil perdana menteri/menteri luar negeri thailand surapong tovichakchaikul mengatakan sumbangan itu pada duta besar china guan mu, dan menungkapkan apresiasi atas nama orang-orang china terhadap rakyat thailand.

gempa dahsyat dengan kekuatan 6,6 skala richter yang melanda daerah terpencil, umumnya pedesaan serta daerah pegunungan selama provinsi sichuan, china pihak paling baratdaya, mengakibatkan setidaknya 200 nyawa hilang juga sekitar 12.000 orang lainnya cedera.

Informasi Lainnya:

kekuatan gempa tersebut mendekati kejadian tahun 2008 dan merenggut 70 ribu jiwa.

gempa tersebut terjadi di sabtu pukul 08.02 waktu setempat dalam desa lushan, dekat kota ya`an, melalui pusat gempa selama kedalaman 12 km selama perut bumi, tutur lembaga surve geologi amerika serikat.

getaran gempa bisa dirasakan oleh warga dalam pilihan provinsi tetangga tergolong ibu kota provinsi tersebut, chengdu, serta mencari masyarakat melarikan diri ke luar gedung.

presiden xi jinping dan perdana menteri li keqiang mengatakan berbagai upaya penyelamatan ditujukan supaya menekan kasus kematian.

setibanya selama web kejadian melalui menumpang helikopter, li memimpin upaya penyelamatan dari alun-alun longmen, pusat kota lushan, lapor xinhua.

li meminta untuk regu penyelamat membuka jalan menuju baoxing, salah Satu daerah dan paling parah terkena gempa, dan para penyelamat mengambil tindakan sangat cepat pada usahanya, kata xinhua dengan mengutip li.