Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, masih minim menyerap tenaga kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan lokal sebab keterampilan lulusan smk karawang kurang memenuhi standar perusahaan tersebut.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya kepada alumni smk dan ada selama karawang. akan tetapi kami memiliki standar keterampilan yang sudah ditentukan, kata doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), dalam karawang, selasa.

dikatakannya, sekalipun telah dibuka kesempatan dan luas kepada alumni smk yang banyak dalam karawang supaya bergabung di pt tmmin, baru cukup minim mereka yang berhasil masuk ke perusahaan tersebut. sebab dilihat daripada ketrampilannya, mereka tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan.

ia menyontohkan, dalam proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terkandung 400 pihak dan adalah alumni smk yang ada di karawang. mereka yang mendaftar tersebut merupakan lulusan siswa smk terbaik dan dikirim dengan tiap-tiap sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan dengan seleksi perekrutan, kata dia, hasilnya tak menunjukkan hal-hal yang menggembirakan. daripada ratusan audien yang mendaftar itu, cuma 20 orang dan berhasil diterima untuk karyawan.

prosentasenya berarti sangat kecil. kondisi itu menunjukkan kualitas pendidikan kejuruan dalam karawang baru rendah. padahal, kami berharap kasus lulusan smk dalam karawang yang diterima pada pt tmmin lebih banyak, kata dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menyatakan, proses perekrutan karyawan dalam perusahaannya diadakan langsung oleh konsultan independen dan memiliki standar. sebab tersebut, pihak perusahaan tak dapat mengintervensi hasil perekrutan karyawan itu.

menurut dia, agar lebih memperbaiki penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang pada pt tmmin, dilakukan peningkatan skill pada kaum siswa smk dengan situs training serta magang dalam 3-6 bulan dalam perusahaan itu.

training tersebut juga diberikan terhadap kaum guru sehingga mereka bisa menularkan kemampuannya kepada siswanya. melalui terlalu diinginkan kemampuan mereka bisa pas standar yang ditetapkan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko menyatakan, dalam tahun ini pt tmmin menerima karyawan baru untuk mengisi tenaga operator sebanyak 2.500 orang.

ia mengakui tenaga operator tersebut lebih ada berasal dari luar karawang karena daripada pihak ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena itu, ia harapkan untuk siswa smk selama karawang bisa menambah ketrampilannya, sehingga ke depan tenaga operator pt tmmin tersebut dapat diisi para alumnni smk karawang.