Hakim tidak takut pembalasan pihak luar

ketua mahkamah konstitusi, akil mochtar, menungkapkan, negara hukum mensyaratkan hakim yang tidak cemas pembalasan daripada bagian luar, sebab bertindak independen juga imparsial selama memesan putusannya.

hal ini diungkapkan mochtar ketika pidato usai sumpah jabatan dibuat ketua mk selama depan delapan hakim konstitusi lain juga beberapa pimpianan lembaga dan seluruh tokoh dibuat tamu undangan dalam jakarta, jumat.

pernyataan tersebut dikutip mochtar dibandingkan kelly fb william pada buku an independent judiciary: the core of the rule of law.

saya bersama-sama dengan yang mulia kaum hakim konstitusi mau menegaskan mk hendak selalu berusaha selama prinsip-prinsip independensi, papar mochtar.

Yang Lain: Peluang Usaha - mencar Peluang Usaha - Peluang usaha Internet - Peluang Bisnis

dia menegaskan, menjaga independensi mk merupakan komitmen yang selalu menjadi prioritas dan mau dikedepankan.

komitmen ini sangat strategis supaya mengingatkan kita pada negara hukum demokratis, pengadilan harus demokratis, pengadilan haruslah memiliki kekuatan, supaya menolak godaan juga menolak semua jenis intervensi dibandingkan manapun, tegasnya.

mochtar menegaskan, independensi hakim adalah harga mati.

hanya dengan hakim dan pengadilan dan independen inilah, hakim akan mampu memberhentikan perkara dengan adil. serta terhadap hakim, putusan yang mengikuti rasa keadilan itulah mahkota terindah, ucapnya.