Dirjen SDA: ketersediaan air sebagian pulau cukup rawan

ketersediaan air dalam sebagian pulau pada indonesia cukup rawan agar jangka waktu tertentu ke depan, sehingga perlu maka perhatian berbagai pemangku kepentingan.

direktur jenderal sumber daya air (dirjen sda) kementerian pekerjaan umum, mohammad hasan menyampaikan hal itu di seminar peringatan hari air dunia xxi pada 2013 tingkat sumatera barat (sumbar), yang dihadiri seluruh elemen warga, pakar dan ahli dan organisasi profesi, selama padang, kamis.

menurut dirjen, pihak wilayah yang sebaran ketersediaan airnya agak mengkhawatirkan pada pulau jawa, bali juga nusa tenggara timur (ntt).

jika dilihat ketersediaan dengan global air lumayan ada dan mampu negara paling kaya, bila dihitung melalui kasus masyarakat indonesia rata-rata mencapai 6.600 kubik per kapita tetapi dalam pulau jawa cuma 1.200 kubik per kapita sebab begitu banyak penduduk.

Informasi Lainnya:

oleh karena itu, dilaksanakan kebijakan konservasi melalui membangun waduk-waduk juga embung supaya menjaga sumber-sumber air, sehingga mampu menahan air di musim hujan serta digunakan di musim kemarau.

pembangunan embung sejak dua tahun terakhir telah digalakan, bahkan targetnya telah melebihi dari target yang ditetapkan dalam rpjmn, ujarnya.

selain tersebut, pembangunan bendungan selalu jalan, tapi persoalan dan dihadapi ada masalah sosialnya, seperti pemindahan penduduk jati gede sudah hampir beres, penanganan semestinya dalam oktober 2012.

namun penduduknya, baru ada 4.500 kepala keluarga (kk) dalam genangan itu, semua sudah dibebaskan akan tetapi mereka baru terserah situs ini dan sudah miskin.