PM Palestina Fayyad mundur

perdana menteri palestina salam fayyad secara dipercaya memberikan pengunduran dirinya kepada presiden mahmud abbas selama sabtu, papar benar pejabat palestina.

fayyad bertemu abbas di setengah jam pada markas presiden di ramallah dalam tepi barat juga secara dipercaya memberikan pengunduran tertulisnya, tutur pejabat tersebut kepada afp.

abbas dan fayyad sudah berselisih karena kritik kebijakan ekonomi perdana menteri yang memuncak selama dalam gerakan fatah yang berkuasa, sementara washington sudah melobi keras terhadap ekonom berpendidikan as itu untuk tetap di posnya.

jumat, menteri luar negeri as john kerry menelepon abbas agar menekan dia menemukan kesamaan dengan perdana menteri, papar kaum pejabat palestina.

Informasi Lainnya:

desas-desus kiranya fayyad mau mengundurkan diri ataupun disuruh mundur oleh abbas sudah marak selama beberapa pekan terakhir sesudah perbedaan berlarut diantara dua tokoh itu tentang portofolio keuangan.

menteri keuangan nabil qassis mengumumkan pada 2 maret bahwa ia mengundurkan diri. fayyad menyetujui pengunduran diri tersebut namun abbas, yang berada selama luar negeri dalam saat itu, menolaknya.

fayyad memegang portofolio keuangan serta perdana menteri sebelum penunjukan qassis pada mei 2012.

satu pertemuan dan direncanakan kamis selama mana asli pejabat senior fatah mengatakan bahwa fayyad dan bermaksud supaya menyerahkan pengunduran dirinya ditunda setelah washington bersikeras kiranya dia yang terbaik dibuat perdana menteri.

pekan 2012, dewan revolusioner fatah supaya pertama kalinya dengan terbuka mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah fayyad.

otoritas palestina dipimpin abbas berada dalam krisis keuangan yang serius, ada dibuat akibat dana asing dan dijanjikan belum dicairkan, sekalipun kongres as diam-diam tidak memblokir 500 juta dolar as dalam bantuan bulan 2012.

masyarakat internasional memuji fayyad dengan mengembangkan kerangka kelembagaan untuk otoritas palestina pada wilayah tepi barat dan berada pada bawah kendalinya.

pengunduran dirinya mampu menghambat pelaksanaan kesepakatan dengan israel yang diumumkan menlu kerry pekan ini untuk mengiklankan pembangunan ekonomi pada tepi barat.