Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta besar korea selatan agar indonesia, kim young-sun, menyatakan, indonesia mampu mengambil peran konstruktif meredam ketegangan pada semenanjung korea yang intensitasnya selalu meningkat beberapa masa terakhir.

saya berharap indonesia dapat memainkan peran konstruktif supaya mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia memiliki hubungan bagus bersama korea utara juga korea selatan, kata kim, dalam jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia amat bersesuaian memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman yang cukup kuat di menengahi juga ikut membantu penyelesaian seluruh konflik selama kawasan asia-pasifik.

indonesia adalah salah Salah satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), maka peran konstruktif adalah peran yang tidak keliru, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia pernah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai selama kamboja melalui forum jakarta informal forum i dan ii. inisiatif indonesia di waktu orde baru tersebut masih adalah acuan terhadap ada negara pada dunia.

dari pihak historis, presiden soekarno berteman menarik dengan pemimpin korea utara (saat tersebut), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, dan lalu serta merupakan presiden indonesia, serta melewati masa kebaikan hubungan baik kedua negara tersebut, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi hadiah sekaligus kenangan pertalian hubungan menarik kedua negara tersebut pada kim senior melalui bunga anggrek dendrobium silangan khusus, yang diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga agar kakek pemimpin masa sekarang korea utara, kim jong-un, itu tidak susah dijumpai sampai sekarang.

duta sulit kim menunjukan, indonesia mesti mengirimkan pesan perdamaian yang terang kepada korea utara agar memenuhi koordinasi dengan komunitas dunia internasional. aku yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea dan adalah kunci menuju penghentian ketegangan mesti mendapat sokongan dari dunia internasional.

kim menyebutkan pada tengah sorotan juga seluruh peringatan daripada dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh selama 12 desember kemarin dan melangsungkan percobaan nuklir pada 12 februari 2013.

korut juga belakangan berkali-kali berupaya memperbaiki ketegangan dalam semenanjung korea melalui serangkaian pernyataan provokatif, ujarnya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang dari pyongyang mempunyai dua objek wisata utama, yaitu supaya memperbaiki soliditas dan kepercayaan kekuatan di negeri, dan supaya mendesak dunia internasional menerima korut sebagai salah Salah satu negara nuklir.

pemerintah korsel pada dasarnya menginginkan ada perubahan hubungan antara kedua negara korea dari saling curiga dan penuh konfrontasi adalah kedamaian berbasis kepercayaan.

meski itulah, dubes kim menegaskan pemerintahnya tidak ingin kembali diam jika bagian korut mengerjakan provokasi dan sudah dianggap berlebihan.

kami mau siap merespon provokasi yang lebih lanjut daripada utara serta tetap beriringan bersama dunia internasional supaya mengingatkan mereka (korut) agar melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir dan merupakan anggota dan bertanggung jawab dalam hubungan global, papar kim.